Search here and hit enter....

Penyakit yang Sering Diidap Ikan Laut

Sakit pada ikan itu merupakan keadaan abnormal yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan ikan dalam mempertahankan fungsi fisiologiknya. Berikut ini beberapa jenis penyakit ikan laut yang sering dialami.

penyakit ikan laut
Penyakit yang Sering Diidap Ikan Laut

VNN

Penyakit VNN ditandai dengan gejala seperti anoreksia, tubuh ikan menjadi lemas, dan terlihat lebih pucat. Ikan akan terlihat berenang tidak berarah, berputar-putar, berenang terbalik, bahkan menghentakkan kepalanya ke permukaan air secara berkala. Hal tersebut karena ikan tidak mampu mengoordinasikan seluruh bagian yang ada pada tubuhnya.

Penyakit VNN bisa diatasi dengan seleksi induk dan larva yang bebas dari VNN. Terapkan biosecurity di tempat budidaya ikan laut dan berikan tambahan vitamin C pada pakan agar sistem imunitas tubuh ikan menjadi lebih kuat.

Lipoid liver disease

Degenerasi melemak terjadi karena adanya perubahan patologi pada anatomi organ dalam ikan. Kondisi ini ditandai dengan hati ikan yang berwarna kekuningan dan disebabkan oleh akumulasi lemak. Jika penyakit sudah cukup parah, organ dalam akan menjadi sangat rapuh dan bisa berminyak sangat dahsyat.

Pengendalian penyakit dapat dilakukan dengan memperbaiki kualitas pakan yang diberikan. Tambahkan vitamin E dan selenium ke dalam pakan ikan.

Penyakit gelembung gas

Penyakit gelembung gas atau gas bubble diseases disebabkan oleh instalasi di area budidaya tidak bisa berjalan dengan baik. Penyakit ini bisa diatasi dengan memperbaiki sistem aerasi yang kuat untuk melepaskan gas nitrogen yang berlebihan.

Sleepy gropuer disease

Penyakit sleepy grouper disease ditandai dengan adanya perubahan warna tubuh menjadi lebih gelap, ikan mengalami anoreksia, tubuhnya melemah, ikan terlihat hanya mengendap di dasar kolam, atau berenang terbalik ke permukaan. Penyakit ini menyebabkan terjadinya perubahan patologi anatomi organ dalam ikan. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan limpa dan ginjal.

Defisiensi vitamin

Ikan laut dapat mengalami kekurangan vitamin yang menyebabkan pertumbuhannya mengalami gangguan. Untuk mengatasinya, Anda perlu memberikan tambahan vitamin pada pakan.

BERIKAN KOMENTAR ()
 

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp

Hubdat
Hubungan Darat
Hubungan Darat Hubdat
+62811111111111
Call us to +62811111111111
Hello! What can I do for you?
×
How can I help you?