Search here and hit enter....

Pakan Alami Kepiting Bakau


Pertanianku — Pakan merupakan unsur penting yang harus disediakan ketika Anda memulai usaha budidaya kepiting bakau. Pakan alami sangat dibutuhkan oleh larva kepiting bakau, pemenuhan pakan kepiting bakau harus dilakukan dalam jumlah yang tepat, mulai dari tepat ukuran hingga tepat waktu pemberiannya.

pakan kepiting bakau
foto: Pixabay

Di habitat alaminya, larva kepiting memakan zooplankton sebagai sumber energi. Zooplankton yang sering digunakan sebagai pakan alami adalah rotifera dan artemia. Sementara itu, larva yang berada di dalam tambak harus mendapatkan suplai pakan alami langsung dari pembudidaya.

Untuk menghemat biaya pakan, pembudidaya bisa melakukan pengembangbiakan secara massal. Metode tersebut dapat dilakukan sesuai dengan jenis makanannya.

Chlorella sp.

Pengembangbiakan Chlorella sp. bisa dilakukan di dalam wadah akuarium 150 liter dan bak fiber 500 liter atau 1.000 liter. Wadah yang akan digunakan harus dicuci terlebih dahulu dengan deterjen untuk menghilangkan kotoran dan lendir. Setelah itu, bilas dengan air tawar, kemudian rendam dengan formalin selama 24 jam. Setelah selesai direndam, akuarium kembali dibilas dengan air tawar, kemudian ditiriskan hingga kering.

Isi wadah dengan air laut yang bersalinitas 30—32 ppt dengan selang spiral yang sudah diberikan filter sebagai penyaring air. Berikan kaporit atau kalsium hipoklorid dengan dosis 15—30 ppm dan dibiarkan selama 12—24 jam tanpa aerasi. Setelah 24 jam, aerasi dinyalakan untuk menetralkan residu klorin. Bibit baru bisa dimasukkan setelah residu klorin sudah netral.

Rotifera

Pengembangbiakan rotifera bisa dilakukan melalui beberapa tahapan kegiatan, dimulai dari persiapan serta sterilisasi alat dan bahan, penyiapan air media, hingga penebaran bibit pemberian pakan, pengamatan, pemeliharaan, dan pemanenan. Panen bisa dilakukan dengan menggunakan selang berukuran 2,5 inci dan plankton net dengan sistem gravitasi.

Rotifera bagus dipanen di pagi hari saat matahari terbit. Pada waktu itu rotifera banyak berkumpul di bagian permukaan.

Artemia

Artemia merupakan pakan alami yang cukup penting untuk benih ikan laut, krustacea, dan ikan air tawar. Artemia berukuran kecil dan mengandung nutrisi yang cukup tinggi serta sesuai dengan kebutuhan larva ikan.

Pengembangbiakan artemia terbilang sangat mudah dan praktis. Anda bisa membaca cara budidaya artemia di buku Artemia: Untuk Pakan Ikan dan Udang yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.

BERIKAN KOMENTAR ()
 

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp

Hubdat
Hubungan Darat
Hubungan Darat Hubdat
+62811111111111
Call us to +62811111111111
Hello! What can I do for you?
×
How can I help you?