Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Kesemutan
Artikel, Kesehatan, Tips, Tutorial

Inilah Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Sering Kesemutan

Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Kesemutan

Kaki sering kesemutan merupakan hal yang sering dialami oleh hampir setiap orang. Namun tak hanya kaki saja, tangan juga sering mengalami hal yang sama.

Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Kesemutan
Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Kesemutan

Bagi Anda yang sering mengalami hal ini, kali ini akan menjelaskan mengenai bagaimana cara yang tepat mengatasi tangan dan kaki yang sering kesemutan lengkap dengan kemungkinan penyakit yang disebabkan oleh kondisi yang satu ini.

Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Kesemutan

Kesemutan yang terjadi biasanya disebabkan karena adanya gangguan pada serabut saraf. Pada kasus kesemutan yang berat, kesemutan ini dapat berlangsung lebih lama dan parah.

Selain dapat menyebabkan rasa tak nyaman, kesemutan juga berpotensi menghilangkan kekuatan otot yang ada di sekitarnya.

Contohnya, saat Anda sedang memegang gelas atau pensil saat kesemutan, tentu saja kedua barang tersebut akan terjatuh akibat otot kehilangan kekuatan.

Pada umumnya ada beberapa faktor penyebab kesemutan, seperti terlalu lama duduk atau berdiri, kekurangan asupan vitamin B12, adanya tekanan pada saraf di tulang belakang dan berada posisi yang salah dalam jangka waktu yang lama (tidur dengan tangan tertindih, menonton TV dengan kaki tertekuk dan lainnya).kaki sering kesemutan

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi kesemutan, salah satunya yaitu dengan menghindari beberapa penyebab tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara mengatasi tangan dan kaki yang sering mengalami kesemutan yang tepat.

Kesemutan Pada Tangan

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang sering mengalami kesemutan. Kesemutan pada tangan biasanya terjadi karena adanya hambatan pada aliran darah yang mengalir ke saraf-saraf pada tangan akibat salah posisi saat tidur ataupun saat mnonton TV.

Cara mengatasinya pun cukup sederhana, yaitu posisikan tangan pada posisi dan tempat yang nyaman.

Jika terjadi kesemutan pada tangan kanan, maka tekanlah dengan kuat jempol kaki kiri dan begitu sebaliknya. Selain itu,

Anda bisa memijat daerah tangan yang mengalami kesemutan. Teknik pijat tersebut sangat ampuh untuk melancarkan kembali aliran darah yang sempat terhambat.

Kesemutan Pada Kaki

Berbeda dengan kesemutan pada tangan, kaki yang sering kesemutan biasanya disebabkan karena kita duduk bersila terlalu lama ataupun kita duduk pada posisi yang salah.

Sehingga pembuluh darah menjadi terhimpit dan menyebabkan terhambatnya aliran darah yang menuju pada kaki. Cara mengatasinya pun hampir sama, yaitu jika kesemutan terjadi pada kaki kanan, maka tekanlah dengan kuat jempol kiri dan sebaliknya.

Diamkan beberapa saat hingga aliran darah kembali normal, rasa sakit akibat kesemutan pun akan hilang dengan sendirinya.

Setelah mengetahui cara mengatasinya, pastikan Anda mengetahui cara mencegah terjadinya kesemutan. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Untuk mencegah tangan dan kaki sering kesemutan, Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin-vitamin tersebut berguna untuk menjaga kesehatan jaringan saraf Anda.

Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B kompleks yaitu asparagus, brokoli, buncis, brokoli, bayam, paprika hijau, terong dan sayuran lainnya.

Penyakit Penyebab Kesemutan

Selain kurang asupan vitamin serta terlalu banyak berdiri, kesemutan yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh suatu penyakit. Nah berikut adalah beberapa suatu keadaan dan penyakit yang menyebabkan kesemutan.

Penyakit Sistemik

Yang pertama adalah karena penyakit sistemik. Beberapa penyakit sistemik yang dapat menyebabkan hal ini antara lain penyakit pada hati.

Adanya kerusakan pada pembuluh darah, gangguan jaringan ikat, penyakit ginjal serta adanya peradangan yang kronis. Beberapa kondisi tersebut dapat menyebabkan kesemutan, terutama pada tangan dan kaki.

Herpes Zoster

Yang kedua adalah herpes zoster. Penyakit ini memiliki gejala umum yang menyebabkan seseorang mengalami kesemutan disertai rasa sakit pada area yang mengalami herpes.

Untuk mengobatinya Anda bisa menggunakan salep anti bakteri ataupun dengan beberapa bahan alami yang mengandung antibiotik alami, seperti lidah buaya, bawang merah dan juga bawang putih.

Diabetes

Berikutnya adalah karena diabetes. Diabetes atau kencing manis juga memiliki gejala kesemutan pada kedua ujung kaki dan ujung jari.

Hal ini dikarenakan kadar gula yang tinggi dapat merusak saraf-safar tepi. Untuk mengetahui kondisi yang satu ini Anda harus melakukan pemeriksaan gula darah.

Kapan Harus Ke Dokter?

Pastikan Anda segera memeriksakan diri ke dokter jika tiba-tiba kaki kesemutan disertai dengan mati rasa ataupun kelelahan pada satu sisi tubuh, sakit kepala hebat serta kesadaran yang menurun.

Sebab hal ini merupakan gejala stroke yang perlu diwaspadai. Selain itu, memeriksakan diri ke dokter juga dapat mencegah beberapa kondisi kesehatan yang tak diinginkan. Nah itulah beberapa cara mengatasi tangan dan kaki sering kesemutan yang dapat Anda coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *