Indonesian English

DITJEN HUBDAT BERUPAYA TINGKATKAN POTENSI SDM KESELAMATAN JALAN

Jumat, 13 Juli 2012 15:13 Admin1
Cetak

(Kupang, 9 Juli 2012) Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang keselamatan jalan, seluruh jajaran instansi pemerintah di lingkungan Perhubungan Darat, baik Dinas Perhubungan Provinsi, Dinas Perhubungan Kabupaten maupun Dinas Perhubungan Kota, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, melalui Direktorat Keselamatan Transportasi Darat (KTD) melaksanakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas dalam Pengkajian Keselamatan tahun 2012 di Hotel Sasando, Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 9-10 Juli 2012.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengkajian keselamatan kegiatan ini dilaksanakan dalam konteks implementasi Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ). Dalam sambutan Dirjen Perhubungan Darat, yang dibacakan oleh Direktur Keselamatan Tranportasi Darat (KTD), Hotma Simanjuntak, disampaikan bahwa diperlukan langkah-langkah konkrit yang aplikatif untuk diwujudkan baik dari aspek operasional maupun regulasi, untuk memperbaiki dan meningkatkan fungsi di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). ”Masih banyak yang harus kita perbaiki dalam penanganan keselamatan di Indonesia, antara lain : aspek manajemen keselamatan yang belum terintegrasi dengan baik, aspek sarana dan prasarana jalan yang belum memadai dari aspek keselamatan, aspek kendaraan yang berkeselamatan yang masih belum dapat ditangani dengan baik, aspek kepedulian terhadap keselamatan yang masih rendah, serta aspek penanganan pasca kecelakaan yang belum memadai”, ujar Hotma. Ditambahkan Hotma, kegiatan peningkatan kapasitas dalam pengkajian keselamatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan Darat sebagai upaya memperbaiki penanganan keselamatan jalan di Indonesia. ”Diharapkan melalui kegiatan Peningkatan Kapasitas dalam Pengkajian Keselamatan ini, mampu meningkatkan kemampuan dan profesionalisme penyelenggaraan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) di daerah, meningkatkan tugas pengkajian dan analisis bidang keselamatan LLAJ, dan meningkatkan kemampuan menyampaikan fakta & data kepada pimpinan daerah dan pentingnya penanganan keselamatan,” tandas Hotma.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas dalam Pengkajian Keselamatan tahun 2012 kali ini mengambil tema ”Melalui Kegiatan Pengkajian Keselamatan LLAJ, Kita Tingkatkan Kualitas SDM LLAJ”. Kegiatan dua hari kali ini diikuti oleh 22 (dua puluh dua) peserta yang merupakan perwakilan dari Dinas Perhubungan Provinsi , dan Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Beberapa materi yang diberikan dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas dalam Pengkajian Keselamatan kali ini, di antaranya : Analisa Data Kecelakaan disampaikan oleh Dr. Aine Kusumawati, ST., MT. dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung, Analisa Perhitungan Biaya Kecelakaan yang disampaikan oleh Prof. Ir. Sigit Priyanto, M.Sc., Phd., dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Black spot Manajemen disampaikan oleh Dewa Made Priyantha Wedagama, ST., MT., M.Sc., Phd., dari Universitas Udayana Bali. PUSAT KOMUNIKASI PUBLIK, (RS)